20 Apr 2011

Tugas penyusunan skala psikologi

                                                                                                                                                                                                                               
AGRESIVITAS
Teori yang digunakan untuk Agresivitas
Bush dan Denny (1992) mengklasifikasikan agresivitas dalam empat aspek, yaitu agresi fisik, agresi verbal, kemarahan, dan permusuhan. Agresi fisik dan agresi verbal mewakili komponen motorik dalam agresivitas, sedangkan kemarahan dan permusuhan mewakili komponen afektif dan kognitifi dalam agresivitas.
a.       Agresi fisik (Physical Agression) ialah bentuk perilaku agresif yang dilakukan dengan menyerang secara fisik dengan tujuan untuk melukai atau membahayakan seseorang. Perilaku agresif ini ditandai dengan terjadinya kontak fisik antara agresor dan korbannya.
b.      Agresi verbal (Verbal Agression) ialah agresivitas dengan kata-kata. Agresi verbal dapat berupa umpatan, sindiran, fitnah, dan sarkasme.
c.       Kemarahan (anger) ialah suatu bentuk indirect agression atau agresi tidak langsung berupa perasaan benci kepada orang lain maupun sesuatu hal atau karena seseorang tidak dapat mencapai tujuannya.
d.      Permusuhan (Hostility), merupakan komponen kognitif dalam agresivitas yang terdiri atas perasaan ingin menyakiti dan ketidakadilan.
Aspek-aspek diatas terdiri dari beberapa sub-aspek atau trait, yaitu temperamen, emosional, aktivitas, impulsivitas, sosialitas, agresivitas, kompetisi, kesadaran dalam masyarakat, kesadaran diri sendiri dan orang lain.
Definisi Keperilakuan / Aspek-aspek agresivitas
a.       Menyerang secara fisik  
b.      Menyerang dengan perkataan 
c.       Memiliki rasa emosi yang tinggi 
d.      Menciptakan suasana permusuhan
Indikator perilaku berdasarkan aspek.
a.       Menyerang secara fisik -> memukul seseorang dengan benda atau tangan kosong, merusak barang milik seseorang, berkelahi.
b.     Meyerang dengan perkataan à mengumpat orang lain, menyindir, menyebarkan berita bohong tentang seseorang.
c.       Memiliki rasa emosi yang tinggi à membenci sesuatu yang dimiliki / diperoleh orang lain, mudah marah jika keinginan tidak tercapai.
d.      Menciptakan suasana permusuhan à  menyakiti orang lain, bertindak tidak adil terhadap  seseorang,

2 komentar:

  1. I have found that this site is very informative, interesting and very well written. keep up the nice high quality writing. Interest Inventory Test

    BalasHapus